BKL MEDIA. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 24 September 2012

Bertanam Sayuran Sawi (BSS)

Di komunitas Bragi banyak petani menanam sayuran terutama Sawi. Sawi adalah salah satu jenis sayur yang mudah dibudidayakan. Sayuran berdaun hijau ini termasuk tanaman yang tahan terhadap air hujan, dan dapat dipanen sepanjang tahun tidak tergantung dengan musim. Masa panenpun juga terbilang cukup pendek, setelah 40 hari ditanam sawi sudah dapat dipanen.

Disamping kemudahan dalam proses budidaya, sayur sawi juga banyak dijadikan sebagai peluang bisnis karena peminatnya yang cukup banyak. Permintaan pasarnya juga cukup stabil, sehingga resiko kerugian petani sangat kecil.

Beberapa jenis sawi yang saat ini cukup popular dan banyak dikonsumsi masyarakat, antara lain sawi hijau, sawi putih dan sawi pakcoy atau caisim. Dari ketiga jenis sawi tersebut, pakcoy termasuk jenis yang banyak dibudidayakan petani saat ini. Batang dan daunnya yang lebih lebar dari sawi hijau biasa, membuat sawi jenis ini lebih sering digunakan masyarakat dalam berbagai menu masakan. Hal ini tentu memberikan prospek bisnis yang cukup cerah bagi para petani sawi pakcoy, karena permintaan pasarnya cukup tinggi.

Untuk membudidayakan sawi pakcoy, sebaiknya pilih daerah yang memiliki suhu 15-30° celcius, dan memiliki curah hujan lebih dari 200 mm/bulan. Sehingga tanaman ini cukup tahan untuk dibudidayakan di dataran rendah. Tahapan budidaya sawi pakcoy di dataran tinggi dan di dataran rendah juga tidak terlalu berbeda, yaitu meliputi penyiapan benih, pengolahan lahan, teknik penanaman, penyediaan pupuk dan pestisida, serta proses pemeliharaan tanaman. Berikut kami berikan informasi tahapan budidaya sayur sawi pakcoy yang dapat membantu Anda.

Pemilihan bibit
Tahapan budidaya sawi pakcoy, dimulai dengan pemilihan bibit. Karena bibit merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan usaha ini, pilihlah bibit yang terbaik sebelum Anda menanamnya. Ciri-ciri bibit yang baik antara lain berbentuk bulat, kecil-kecil, permukaannya licin mengkilap dan agak keras, warna kulit bibit cokelat kehitaman.

Selain itu perhatikan pula tempat penyimpanan bibit sawi, agar kualitasnya tidak menurun atau bususk sebelum ditanam. Oleh karena itu perhatikan lama penyimpanan, suhu, dan kadar air tempat penyimpanan. Sebaiknya bungkus bibit dengan kemasan aluminium foil agar tidak rusak dan bisa tertutup rapat.

Proses pembibitan 
Pembibitan dimulai dengan menyiapkan media tanam berupa bedengan dengan ukuran satu meter persegi, kemudian diberikan pupuk terlebih dahulu. Pupuk yang digunakan adalah 10 kg pupuk kandang, pupuk urea sebanyak 20 gram, pupuk TSP sebanyak 10 gram, dan pupuk KCL sebanyak 7,5 gram. Pembibitan dilakukan dengan menabur benih di seluruh media tanam secukupnya, sesuai dengan luas lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya. Biasanya takaran idealnya 750 gram bibit untuk 1 hektar lahan.
Setelah ditebari bibit, media ditutupi tanah kembali dan dilakukan penyiraman setiap hari dengan menggunakan penyemprot. Selanjutnya sawi akan dipindahkan ke lahan tanam yang lebih besar, setelah berusia 3 minggu. Dengan jarak tanam antar bibit 20 cm x 20 cm.

Persiapan lahan (bedengan)
Seminggu sebelumnya untuk mengembalikan kegemburan tanah, lakukan pencangkulan lahan terlebih dahulu dan berikan pupuk kandang 20 ton/ha, TSP 100 kg/ha, dan 75 kg/ha. Dan menjaga kadar pH tanah, kandungan pH yang dianjurkan untuk tanaman sawi adalah 6-7.
Selanjutnya buatlah bedengan dengan tinggi 40 cm, lebar 120 cm, dan panjang 100 meter. Sedangkan jarak antar bedenagn yaitu 30 cm, yang kemudian dibuat parit dengan diisi air setinggi 20 cm untuk penyediaan air bagi tanaman.

Pemeliharaan
Setelah bibit ditanam, lakukan pemeliharaan meliputi penyiraman, penjarangan (mencabuti tanaman yang tumbuh terlalu rapat), penyulaman (penggantian tanaman yang mati atau rusak), pembersihan gulma, dan pemupukan tambahan yang diberikan pada saat tanaman berumur 3 minggu.
Penyiraman dilakukan setiap hari, sebaiknya pagi atau sore hari. Disamping itu jaga tanaman dari hama dan penyakit. Biasanya hama penyakit yang menyerang yaitu ulat dan karat daun.

Panen
Setelah berumur 40 hari, tanaman sawi pakcoy sudah bisa dipanen. Caranya dengan mencabut tanaman hingga akarnya. Panen bisa dilakukan setiap minggu sekali, dengan mengatur waktu tanam satu bendengan dengan bendengan lainnya.

Minggu, 23 September 2012

Rohis Demo Tayangan TV Swasta

Mataram, www.radiobragi.blogspot.com - Ratusan pelajar yang tergabung dalam Forum Rohis se-NTB, turun kejalan gelar aksi damai, Minggu pagi (23/9/2012). Selain diikuti oleh Rohis dari berbagai sekolah, juga diikuti oleh para alumni Rohis dengan menggelar orasi dan membagi bunga kepada para pengguna jalan di Perempatan Bank Indonesia (BI) Mataram dan jalan Udayana.

Mataram News memberitakan. aksi damai yang dilakukan oleh Forum Rohis Se-NTB, dilatar belakangi ada tayangan disalah satu stasiun TV Nasional swasta yang menyebutkan bahwa dari tempat Rohis itu muncul terorisme muda.

"Kami keberatan atas pernyataan bahwa dari musholla dan sekolah umum tempat rekrut teroris, kami bantah itu, Rohis orang-orang yang membanggakan," kata salah satu Alumni Rohis, Syawaludin.

Menurutnya, Rohis tidak seperti yang dituduhkan, Rohis itu sama seperti kegiatan ekstrakulikuler lainnya yang ada disekolah-sekolah. "Rohis, untuk mengajar ngaji dan mengajar aqidah akhlak," paparnya.

Ia juga mempersilahkan para pihak yang menuding jika kegiatan yang dilakukan oleh Rohis ada unsur kegiatan teroris untuk melihat secarah langsung. "Jika ada terkait teroris, itu oknum bukan rohisnya," tegasnya.

Karena itu, para Rohis ini menuntut agar stasiun TV swasta nasional tersebut segera meminta maaf secara terbuka kepada Rohis. Selain itu, mereka juga menuntut agar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk segera memanggil pihak TV tersebut.

Sementara itu disatu sisi, Rohis menilai bahwa fitnah yang ditayangkan stasiun TV tersebut sudah berbentuk teror dan dianggap teror itu lebih berbahaya dari teroris. Dalam aksinya, para Rohis juga membagikan bunga kepada para pengguna jalan diperempatan BI dan didepan Kantor KPID NTB.

Tidak itu saja, sebagai pelengkap aksi, para Rohis muda ini juga membawa spanduk yang bertuliskan, "ROHIS bukan teroris, kami bukan teroris, saya muslim saya alumni Rohis dan saya bukan teroris". (disalin dari Mataram News)

Sabtu, 22 September 2012

Hasbi Aby dalam jejaring facebook di group Musik Lombok menulis hari ini dengan judul BICARA MASALAH MUSIK. Hasbi bertutur tentang musik, seperti Rhoma Irama bernyanyi tentang musik, "Aku mau bicara soal musik, tentu saja bagi penggemar musik", seterusnya.  Selengkapnya ini tulisan hasbi Aby.

 Perjalanan manusia tak pernah luput dari pengaruh musik. Begitu besarnya pengaruh paduan nada-nada tersebut membuat dunia ini seakan terasa begitu sepi tanpa ada suara musik yang terdengar. Musik dapat memberi perubahan dalam diri individu manusia, bahkan dapat membentuk karakter manusia, sejak manusia itu masih dalam rahim ibunya. Musik, dengan segala efeknya – baik efek positif maupun negatif, takkan pernah dapat kita hindari.

 Musik adalah bagian dari seni yang tertua, bersama seni rupa. Manusia purba telah mengenal musik sebelum mereka mengenal huruf. Mereka mengenalnya sebagai bunyi-bunyian hasil pukulan atau gesekan dari berbagai benda, yang akan membentuk sebuah harmoni bila dimainkan secara bersamaan. Kegunaan musik pada saat itu lebih kepada sesuatu upacara atau seremoni, tidak untuk didengarkan setiap saat seperti sekarang ini.

 Kini kita semua mendengar musik, baik secara langsung maupun tidak… Setiap hari,,,. Hampir setiap saat. Begitu dahsyatnya bunyi-bunyi bernada itu. Bayangkan, siapa kira musik dapat menggalang perdamaian dunia… atau bahkan menyulut amarah manusia untuk saling menyakiti, atau bahkan menyakiti diri sendiri.

 Yang namanya seni tentu adalah segala curahan isi hati dan pikiran. Karena itu seni musik pun memiliki emosi tersendiri. Namun dalam perkembangannya, seperti cabang seni yang lain, musik sebagai karya seni pun akhirnya menjadi sebuah industri.

 Kita mengenal musik dengan berbagai macam jenis. Ada blues, pop, rock, jazz, disko, punk, new wave, post punk, heavy metal, speed metal, trash metal, hardcore, punk hardcore, grunge, garage rock, ambience, trance, dan lain sebagainya yang sering bikin kita pusing dalam mengklasifikasikan musik. Semua itu adalah hasil karya para pelaku industri. Dan wartawan sebagai salah satu alat promosinya. Kalau saya boleh berpendapat, secara pribadi saya menilai pop bukanlah jenis musik. Jenis musik pada dasarnya cuma ada blues dan rock.

 Sisanya semua hanya pengembangan dari keduanya saja, bahkan disko sekalipun. Sedangkan pop? Pop berasal dari kata popular. Semua lagu yang ear candy (mudah dicerna) akan berpeluang besar untuk disukai orang banyak. Dari situlah asal muasal pop disebut sebagai jenis musik.
 Dalam industri globalnya, musik selalu berkaitan dengan trend. Baik itu trend dari segi musik itu sendiri, maupun fashion. Musik dan fashion memang selalu berdampingan.

 Kita dapat menilai sebuah grup band atau musisi/penyanyi dari fashionnya. Bila kita membicarakan musik punk dan heavy metal, maka t-shirt dan celana jeans lusuh – bahkan sobek – adalah yang umum dipakai. Lain halnya bila membicarakan musik new wave, sebuah genre musik yang muncul para masa ‘80an, dan kini digemari lagi. Umumnya mereka para pengusung dan penggemar jenis musik ini bergaya lebih perlente, dengan stelan jas rapih, dan tatanan rambut yang rapih pula.

 Mempertanyakan pengaruh fashion dengan musik sama halnya dengan mempertanyakan duluan mana, telur ayam dengan ayam. Trend fashion dan musik mengalami sebuah siklus yang akan berputar-putar selalu. Hanya dalam perputarannya, pasti mengalami modifikasi. Anak metal jaman sekarang tidak sama dengan anak metal era ‘90an. Anak metal sekarang terkesan jauh lebih bersih ketimbang masa lalu. Hampir semua genre rock mengalami peleburan dalam segi fashion dan musiknya.

 Kita takkan bisa membayangkan pada era ’80-90an, bagaimana bila sebuah grup rock dengan rambut panjangnya dan musiknya yang hingar bingar namun dalam penampilannya yang rapih dengan stelan jas. Namun kini hal itu sudah seperti lumrah saja. Atau bagaimana sebuah musik rock cadas disatukan dengan dentuman beat dance dari sebuah vinyl perangkat DJ, yang pada era ’70-90an menjadi ikon musik dance/disko. Namun kini? Semua telah menyatu.

 Semua peleburan jenis musik dan fashion para musisinya – menurut saya – timbul sejak ada sebuah istilah ‘alternatif’ dalam cabang musik, pada dekade ‘90an. Alternatif telah mengubah segala perspektif kita semua dalam menilai sebuah musik dan fashion musisinya. Di satu sisi, alternatif ‘menyelamatkan’ kita dari kepusingan dalam pengklasifikasian jenis musik tadi.

 Namun di sisi lain seakan menjadi ‘pembelaan diri’ para musisi yang ‘bingung’ dengan diri mereka sendiri. Seperti yang umum terjadi di negara kita. Banyak sekali kita jumpai dalam industri musik kita, sebuah band yang bergaya bak rocker cadas, dengan rambut spike dan segala akesesoris di seluruh tubuhnya, bahkan tak jarang dengan piercing di daerah sekitar wajah dan tattoo di tubuhnya, namun musiknya menye-menye, dengan lirik melankolis – cenderung cengeng – plus videoklip mereka yang klise sekali. Adegan putus cinta, seorang gadis cantik menangis, bla bla bla.

 Ada pendapat yang mengatakan bahwa bila sesuatu telah menjadi sebuah industri, maka nilai seninya akan tidak murni lagi. Mungkin pendapat itu benar, namun kita juga jangan lantas senaif itu menilai sebuah karya seni di dalam sebuah industri. Mungkin yang terjadi sebenarnya dalam industri adalah sebuah penyesuaian. Bagaimana musik – dengan segala idealisme sang seniman – harus berkompromi dengan selera umum para pendengarnya. Karena, bagaimana pun juga, kita bermusik untuk didengarkan orang lain juga. Bukan hanya untuk kita.

 Mungkin penyesuaian itu tadi yang membuat munculnya banyak band sangar dengan lagu mendayu-dayu dalam industri kita, dengan ‘kuping melayu’nya. Walaupun sebenarnya saya kurang setuju dengan langkah para musisi yang ‘menyerah’ dengan keadaan, sehingga rela menjatuhkan esensi karyanya demi mendapatkan peluang berindustri. Menurut saya seharusnya industrilah yang seharusnya mencari cara bagaimana sebuah karya seni – dengan segala idealisme dan tetek bengeknya – dapat dijual.

 Berindustri pun memiliki seni tersendiri. Bagaimana cara mereka – pelaku bisnis – menjadikan sesuatu produk memiliki nilai jual… itu adalah seni! Yang salah dalam industri musik – bukan di negara kita saja, tapi di seluruh dunia – menurut saya adalah segala kelatahannya. Bila sekarang sedang digemari jenis ini, maka akan bermunculan artis-artis ‘serupa tapi tak sama’ dalam industrinya. Hal itu akan rentan mematikan kreatifitas musisi lainnya yang ‘sedang tidak digemari’. Buruknya, menimbulkan sinisme di kalangan musisi yang kurang publikasi.

 Namun yang umumnya terjadi adalah akan muncul dua jenis sikap dari si musisi. Mereka bisa jadi menjadi golongan musisi yang ‘menyerah’ – seperti yang dijelaskan tadi – atau justru memacu mereka untuk ‘memerangi’ industri global dengan melakukan gerakan militan dalam memperkenalkan karya mereka. Itulah yang kita kenal sekarang ini dengan istilah ‘indie’. Indie berarti mandiri. Independent. Gerakan indie menganut paham ‘Do It Yourself’, yang mengatur segala hal dalam band dengan cara mereka sendiri. Istilah ‘indie’ telah ada di Amerika sejak dahulu sekali – di tahun ‘60an – dengan munculnya perusahaan-perusahaan rekaman kecil, yang kerap menghantui perusahaan-perusahaan besar. Hanya saja diIndonesia baru booming di era ‘90an, walaupun sebenarnya telah dimulai sejak tahun ‘70an. Pada saat itu istilahnya ‘underground’.

 ‘Indie’, ‘underground’, semua sama saja. Hanya beda istilah. Banyak – di negara kita – yang salah kaprah terhadap pengertian indie dan underground. Mereka menganggap kedua istilah tersebut adalah sebuah genre musik. Hal seperti itu yang sepertinya wajib untuk kita luruskan bersama.

 Tak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi dan telekomunikasi sangat berpengaruh terhadap dunia musik di Indonesia, dan dunia. Kita kini dapat menyerap segala informasi dari seluruh penjuru dunia hanya dengan sekali tekan pada tombol komputer kita. Itu luar biasa! Kita takkan pernah membayangkan, bagaimana sebuah band yang minor, tidak mainstreem, dapat dikenal bahkan melakukan sebuah pertunjukan solo atau tour di luar negeri! Melebihi prestasi sebuah band jutaan kopi di negara kita, yang selalu berangan-angan untuk go international. Itu hebat sekali! Dan hanya terjadi di masa kini. Di era digital.

 Saya menyebut tahun 2007 adalah sebuah masa puncak kebangkitan musik Indonesia yang beragam jenis. Tak hanya yang kita kenal di permukaan saja. Bila sepanjang tahun ‘90an adalah momentum sebuah revolusi musik Indonesia yang banyak melahirkan musisi-musisi non-mainstreem, lalu tahun 2000-2006 adalah masa di mana proses musik Indonesia menjadi tuan rumah di negaranya kembali, maka 2007 adalah puncak dari kebangkitan itu. Saya tidak menilainya dari satu atau dua jenis musik saja. Namun secara keseluruhan.

 Berikut dengan industrinya. Walaupun dibayang-bayangi oleh makin maraknya pembajakan yang makin tak terkontrol.

 Apa yang akan terjadi di tahun 2008? Bila boleh sok tahu, maka saya akan berpendapat bahwa pada 2008 nanti geliat musik Indonesia akan lebih dinamis lagi. Akan lebih banyak musisi baru dengan kualitas yang bagus dan beragam, yang tidak terlalu mempedulikan lagi akan penilaian pelaku bisnis musik, karena mereka telah mampu berdiri sendiri sesuai dengan kapasitas mereka, melakukan gerakan mereka dengan menggunakan perangkat internet sebagai media mereka ‘menjual’ diri mereka. Pemunculan perusahaan rekaman kecil yang membantu gerakan indie bisa jadi akan makin bermunculan. Tanpa kita tahu niat awal mereka memang tulus untuk ber-indie ria atau mengindustrikan indie. Namun itu tidaklah masalah, menurut saya, selama memang akan turut memajukan musik kita, mengapa tidak?

 Perusahaan-perusahaan rekaman besar yang di tahun-tahun lalu makin tersudutkan oleh para pembajak akan menemukan solusinya dalam menjual produk mereka. Salah satunya mungkin dengan tidak menjual produk secara fisik. Mungkin dengan penjualan lagu secara digital seperti yang telah dimulai sejak tahun 2007 (seperti penjualan lagu untuk ringtone handphone selama ini, atau Radiohead dalam album terbarunya yang menjual lagu-lagu mereka di internet), atau dengan media lainnya, sehingga dengan sendirinya akan mematikan langkah para pembajak. Mungkin CD album yang ‘dijual secara gratis’ – seperti yang dilakukan oleh Koil, band asal Bandung, beberapa waktu lalu – bisa jadi alternatif langkah distribusi.

 Bila berbicara genre, dalam musik global mungkin pembauran berbagai jenis musik akan terus dieksplor, baik oleh artis baru maupun lama. Yang pasti irama ballad, dan pengembangan dari sound vintage (lawas) masih akan tetap digemari. Lalu bagaimana dengan genre musik di Indonesia? Menurut saya, selama para pelaku bisnis rekaman kita masih latahan, akan masih banyak warna ‘serpa tapi tak sama’ tadi. Tinggal bagaimana kita secara individu saja nanti yang akan dapat menilai, apakah sebaiknya industri yang membentuk selera, atau selera yang membentuk industri?

Kesederhanaan bukan berarti memiskinkan diri

Lalu Mara Satria Wangsa, menulis statusnya dalam jejaring sosial Facebooknya pagi ini. "Kesederhanaan bukanlah berarti kita harus memiskinkan diri, melainkan melatih diri peka terhadap kondisi sekitar. Karena kesederhanaan dapat diterima oleh semua kalangan, sedang tampil dengan kemewahan hanya karena ingin diakui oleh segelintir orang hanya membuat diri letih dan tertekan...

Apa yang ditulis Lalu Mara asal Lombok itu sesuai dengan tuntunan dan petunju Nabi Muhammad SAW.
Anas bin Malik berkata, "Saya masuk menemui Rasulullah dan ia sedang berbaring miring di atas tikar pandan kecil yang bersulam, dan di bawah kepalanya bantal dari kulit berisikan rumput kering. Lalu beberapa orang dari sahabatnya datang diantaranya adalah Umar bin Khathtab, Rasulullah pun bangkit menggeser tubuhnya yang sedang terbuka bajunya. Umar bin Khaththab tak sanggup menahan tangisnya ketika melihat bentuk sulaman tikar yang membekas di tubuh bagian samping Rasulullah saw.

Rasulullah saw bertanya, "Mengapa engkau menangis, Umar?
Umar menjawab, "Demi Allah, saya tidak menangis kecuali tahu bahwa engkau lebih Allah muliakan daripada Kisra dan Qaishr. Mereka hidup dalam kesenangan, sementara engkau, Rasulullah saw, di tempat yang saya lihat ?"

Rasulullah saw bersabda, "Apakah engkau tidak rela dunia menjadi milik mereka dan akhirat untuk kita?"
Umar menjawab, "Ya, aku rela."
Rasulullah saw bersabda, "Begitulah yang benar"

Jujur..Membaca apapun tentang kisah baginda Nabi Muhamad SAW, hati siapa yang tidak tersentuh. Mungkin banyak orang bilang tidak ada manusia sempurna di dunia ini, bagi saya, Ada. Muhammad SAW.
Beliau seorang pemimpin Besar, penutup semua Nabi, Beliau datang dengan Islam sebagai rahmat semesta alam.

Beliau pribadi yang sederhana dan Mulia, hidupnya pun tidak bermewah2an. saya jadi sering membandingkan Beliau dengan Umat2nya jaman sekarang yang kaya raya, tidur berselimut kain sutra..mungkin, kemana2 naik jet pribadi, makan direstoran mewah.., Tapi mungkin sering 'lupa' punya saudara seiman yang kelaparan di sebelah rumahnya. Duhhhh.... saya juga malu. Padahal junjungan kita Nabi Muhamad yang kelak kita dambakan syafaatnya di yaumil akhir, hidupnya sederhana.

Anda Galau.... Ini Tip Cara Mengatasi Galau

Dalam kebingunganku aku terus melangkah.. tanpa tujuan pasti..
Ku bingung dibarengi keraguan.! jalan mana yang harus ku telusuri untuk bisa mnjadi yang lebih baik. Cobaan dan rintangan mendatangiku terus menerus. Kenapa terjadi seperti ini padaku!!

Banyak tulisan seperti ini ditulis sebagai status di Jejarin Sosial seperti Facebook maupun twiter. Status seperti ini kalau boleh diterka, orang tersebut lagi galau.
Untuk mengatasi galau berikut tipnya untuk anda.

Galau adalah ketika ketika merasakan pikiran yang bercampuk aduk. Ketika kita memilih diantara 2 pilihan atau lebih, kita akan merasa bingung atau galau. Apalagi kalau masalah percintaan ? Waduh bisa sampe bunuh diri tuh (bagi orang yang tidak punya otak). Nah, pada saat kegalauan datang, kita akan lebih terbiasa menyendiri atau melamun, dan hal itu membuat aktivitas kita yang lain akan terhambat juga. Namun jangan khawatir karena pada kali ini saya akan membahas bagaimana mengatasi kegalauan. Ini dia cara mengatasi galau itu :

1.Berhenti menyalahkan dirimu sendiri
Orang yang galau, selalu saja menyalahkan diri sendiri. Nah, hal itu adalah kebiasaan yang kurang tepat karena dengan menyalahkan diri sendiri, banyak orang yang rela bunuh diri hanya karena diputuskan pacar (galau) Idiiiihhhhh, tolol amat!! Anggaplah semua ini hanya sebatas permasalahn di dalam pengalaman bercinta, sebab cinta itu tidak hanya bahagia saja. Diri anda adalah sesuatu yang nyata, maka dari itu ekspresikanlah apa yang ada di pikiranmu. Kita semua adalah makhluk yang memiliki kelebihan masing-masing. So, kenapa masih menyalahkan diri sendiri ?

2.Memahami bahwa segala ujian merupakan tingkat kenaikan level
Nah, setuju tidak jika saya bilang begini. Semua permasalahan cinta itu adalah ujian dari Tuhan agar kita lebih menaikkan level dalam dunia percintaaan ? Kalau ada yang kurang setuju, berarti anda masih menyalahkan diri anda, dan itu adalah hal terbodoh. Jangan pernah anda ingin dibodohi oleh cinta! Lewati semua permasalahan itu dan jangan cengeng. Ok ?

3.Hadapi, Jangan dihindari
Permasalahan yang menyebabkan kegalauan adalah hal yang harus kita hadapi, jangan dihindari. Karena jika kita menghindarinya, itu akan membuat kita terus membayangkannya karena tidak ada penyelesaian. Nah, ketika anda menghadapinya, masalah yang membuat galau itu akan mendapatkan penyelesaian atau jalan keluar, Nah dengan ditemukannya penyelesaian itu anda akan merasa puas dan terkadang juga masalah itu akan menjadi kenangan dan bahan tertawaan. Hehehe

4.Merasalah beruntung
Kenapa harus merasa beruntung ? Karena dengan kegalauan itu anda telah memiliki satu pengalaman yang hebat dalam dunia percintaan. Dan ketika anda menghadapi permasalah yang sama, maka anda akan lebih mudah dalam menyelesaikannya. So, beruntung itu bukan hanya mendapatkan kebahagiaan, tetapi juga bagaimana proses menuju kebahagiaan. tidak akan ada pelangi jika tidak ada sedikit hujan.

5.Perbanyak sharing dan bergaul dengan teman
Cara yang kelima ini adalah hal yang lumayan kuat untuk mengatasi kegalauan kita. Dengan suasana yang ramai dan menyenangkan, itu akan membuat kebingungan menjadi pudar. Namun ingat, setelah pikiran anda rileks, hadapilah dengan segera masalah yang membuat anda galau. Teman dapat membantu menyelesaikan masalah dan memberikan kita kesibukan yang bermanfaat. Jadi, gunakan kesempatan itu dengan baik.

6.Perbanyak Ibadah dan Berdo’a kepada Tuhan
Segala permasalahan yang didatangkan Tuhan akan membuat kita menjadi lebih dewasa dalm menghadapi kehidupan ini. Namun harus anda ingat, bahwa usaha tanpa do’a = 0. Tidak ada jalan terhebat dalam mengatasi kegalauan melebihi pendekatan kepada Tuhan.

Wakil Walikota Matram terima Tim Penilai RSSI, KSI dan BKB Provinsi NTB

www.radiobragi.blogspot.com - Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana menerima tim penilai Provinsi NTB pada acara penilaian Rumah Sakit Sayang Ibu (RSSI) Kecamatan Sayang Ibu (KSI) dan Bina Keluarga Balita (BKB) tadi pagi. Kota Mataram merupakan lokasi terakhir dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi NTB dinilai. Dikatakan kegiatan seperti ini penting untuk dilaksanakan. “Ini adalah salah satu upaya Pemerintah Kota Mataram untuk meningkatkan Index Prestasi Masyarakat Kota Mataram, yang salah satu pointnya adalah peningkatan standar hidup yang ditandai dengan peningkatan mutu kesehatan warganya”, ungkapnya. Mohan berharap lomba tersebut di menangkan Kota Mataram sehingga dapat mewakili Provinsi di tingkat nasional.

Ketua rombongan tim penilai dari propinsi Nusa Tenggara Barat Mardjito, M.Kes mengatakan, Penilaian RSSI yang untuk Kota Mataram akan diwakili oleh Rumah Sakit Kota Mataram, KSI yang diwakili oleh Kelurahan Turida di Kecamatan Sandubaya dan penilaian BKB yang diwakili oleh BKB Edelweiss Kelurahan Dasan Cermen. Dikatakan, kegiatan ini sangat penting artinya dalam mengukur sejauh mana pelaksanaan dan pembinaan yang telah dilakukan oleh Kabupaten/Kota dalam mensejahterakan masyarakat terutama di bidang kesehatan ibu dan anak. ”kita mengukur kegiatan kita dalam mensejahterakan masyarakat" ungkapnya.

Mardjito menjelaskan, Juara I dari tiap kategori akan menerima hadiah langsung dari Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta pada Peringatan Hari Ibu 22 Desember yang akan datang. (Rocd)

Jumat, 21 September 2012

Kehawatiran Rakom terhadap Radio Swasta Kategori C tejawab sudah

Kehawatiran Radio Komunitas (Rakom) atas pemberitaan radio swasta katagori c jadi acaman rakom terjawab sudah. Sinam M. Sutarno dalam jejarin Facebooknya mempersilahkan mengunduh Keputusan Menteri (KM) Perhubungan RI No. 15 Tahun 2003 tentang Rencana Induk (Master Plan) Frekuensi Radio penyelenggaraan telekomunikasi khusus untuk keperluan Radio Siaran FM (Frequency Modulation). Keputusan Menteri Perhubungan tersebut masih teap berlaku walaupun urusan Frekuensi Radio saat ini berada di bawah Kementerian Kominfo atau pada Direktorat Jendral Postel.

KM 15/2003 pada pasal Pasal 3 ayat 1 menyebutkan Stasiun radio siaran publik dan stasiun radio siaran swasta dapat diklasifikasikan dalam 3 (tiga) kelas sebagai berikut :
a. Kelas A dengan ERP antara 15 kW sampai dengan 63 kW, dengan wilayah layanan maksimum 30 km dari pusat kota;
b. Kelas B dengan ERP antara 2 kW sampai dengan 15 kW, dengan wilayah layanan maksimum 20 km dari pusat kota;
c. Kelas C dengan ERP maksimum 4 kW, dengan wilayah layanan maksimum 12 km dari pusat kota.
Sementara pada pasal 3 ayat 2 menyebutkan Stasiun radio komunitas digolongkan dalam kelas D dengan ERP maksimum 50 W, dengan wilayah layanan maksimum 2,5 km dari lokasi stasiun pemancar.

Pada Pasal 4 juga dijelaskan kelas A diperuntukkan bagi radio siaran di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, kelas B diperuntukkan bagi radio siaran di Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau di Ibukota Propinsi dan kelas C diperuntukkan selain Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau Ibukota Proinsi. Sementara kelas D diperuntukkan bagi siaran radio komunitas sepanjang secara tehnis memungkinkan.

Pada Pasal 8 ditegaskan setiap penyelenggaraan radio siaran FM wajib mengikuti pemetaan
kanal frekuensi radio siaran FM sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV KM 15/2003. Dalam Lampiran tersebut pengkanalan radio komunitas adalah kanal 202 = 107,7 MG.Hz, 203 = 107,8 MG.Hz dan 204 = 107,9 MG.Hz.

Sampai dengan saat ini sosialisasi tentang peraturan media radio belum banyak dilakukan. Sehingga diharapkan Kementerian Kominfo yang menangani saat ini memberikan informasi yang lebih lengkap tentang peraturan penyelenggaraan Siaran Radio FM terutama Radio Komunitas. (Rocd)

Kamis, 20 September 2012

Radio Swasta Kategori C jadi ancaman Rakom

Sekretaris Jaringan Radio Komunitas Indnesia (JRKI) Farida menginformasikan beberapa saat lalu Setnas JRKI di Solo dikunjungi oleh Ketua JRKI Jawa Timur (JRKI Jatim) Wahyono . Banyak cerita atau informasi yang dishering tentang proses2 perijinan Rakom di Jawa Timur dimana pengurus JRKI Jatim turut menjadi Tim Penguji EDP (Evaluasi Dengar Pendapat) bagi Radio Komunitas. Diceritakan Wahyono, dinamika-dinamika beragam dari hasil turun bareng Ketua dan Pengurus JRKI Jatim langsung ke lapangan, ke Rakom-rakom di hampir semua Kota. Mulai dari pemahaman tentang rakom sampai ke teknis mengurus perijinan sampai dinamika kelompok-kelompok rakom di tingkat kabupaten.
Dijelaskan, koordinasi dengan KPID Jatim dan BALMON Daerah Jatim juga semakin menguat dengan menunjukkan kemauan serius rakom mengurus perijinan. Peluang-peluang kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah juga mulai terbuka, meski masih membutuhkan kehati-hatian dan kinerja tim yang lebih kompak lagi.
Tak kalah menarik, keinginan membangkitkan isu perempuan melalui bidang Pemberdayaan Perempuan mulai menemukan strategi penataan basis kader. “pemberdayaan perempuan dengan strategi penataan kader cukup efektif, meski belum begitu banyak dan masih butuh proses panjang untuk menciptakan kader yang baik”, ungkapnya tegas.
Farida di Jejaring Facebooknya hari ini menulis, Ketua JRKI Jatim yang memang hobi jalan ke rakom-rakom, menyampaikan kekhawatirannya tentang perizinan radio swasta kategori C menjadi ancaman bagi Radio Komunitas, dimana Radio Swasta bisa didirikan di wilayah kecamatan dengan jangkauan terbatas sekitar 12 km. “masalah radio swasta bias didirikan di kecamatan masih harus dipastikan kejelasannya dasar hukumnya”, ungkapnya jelas. (Rocd)

Jembatan Sindu diresmikan Walikota Mataram

Mataram – Radi Bragi – Jembatan Sindu Cakranegara diresmikan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh ditandai dengan pengguntingan pita di jembatan tersebut (19/9). Jembat Sindu merupakan jembatan yang didambakan masyarakat yang menghubungkan antara Lingkungan Sindu dengan Lingkungan Pandan Salas Kelurahan Mayure.
Walikota Mataram didampingi Camat Cakranegara H. Ahsanul Khalik serta disaksikan para lurah dan warga masyarakat setempat meninjau jembatan yang dibangun dengan swadaya masyarakat setempat dan bantuan dari Walikota Mataram sebesar 5 juta rupiah.
Walikota dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya jembatan tersebut selain memperlancar transportasi , juga dapat lebih mempererat tali silaturrahmi antara warga Lingkungan Sindu dan Pandan Salas yang berbeda etnis dan agama. “ kita harus menciptakan nilai kebersamaan dan keharmonisan dalam bermasyarakat di wilayah yang memiliki perbedaan etnis dan agama. Selama ini kedua wilah ini telah mampu membaur, bertoleransi dan saling hormat menghormati,” kata Ahyar Abduh kagum.
Dalam kesempatan itu Walikota mengingatkan, Mataram untuk semua dan tetap berkomitmen untuk bersatu padu mewujudkan Kota Mataram yang Maju Religius dan berbudaya.
Sementara Ketua Panitia Pembangunan Jembatan I Made Jati Arsane dalam laporannya menyampaikan terimakasih atas nama masyarakat setempat kepada Walikota Mataram yang telah memberikan respon positif terhadap pembangunan jembatan Sindu, hingga diresmikan langsung. Karena pembangunan jembatan ini merupakan hal yang dimimpikan oleh warga sempat. Dimana selama ini, warga masyarakat di dua lingkungan melintasi jembatan seadanya, dengan kondisi yang sangat rawan, terlebih pada musim penghujan. Sehingga menghambat aktivitas masyarakat. “Dengan adanya jembatan ini lebih mempermudah akses dan komunikasi masyarakat. Sehingga tercipta masyarakat Kota Mataram yang maju religius dan berbedaya,” katanya. (Rocd).

Rabu, 19 September 2012

Manfaat dan Resiko Minum Kopi

Anda pasti kenal akrab dengan kopi bukan ? Ya, minuman ini adalah salah satu yang familiar dengan kehidupan harian penduduk bumi. Tapi, jika dosisnya melebihi rentang dosis normal yang diperbolehkan, minuman kenikmatan ini bisa berubah menjadi depresan tangguh berupa perasaan cemas, was was, gelisah tidak karuan. Agan tahu dosis maksimal yang menjadi batas atas konsumsi kafein ? Ya benar, 200 mg ADI. Sedangkan dalam kemasan kopi instant biasanya sekitar 80 mg/ kemasan) .
Kafein adalah komponen alkaloid derivat xanthin yang berfungsi sebagai stimulan psikoaktif pada manusia. Memiliki pengaruh langsung pada sistem saraf pusat dan stimulan metabolik. Kafein menstimulan sistem saraf pusat dan menyebabkan peningkatan kewaspadaan, kecepatan dan kejelasan alur pikiran, peningkatan fokus, serta koordinasi tubuh yang lebih baik.
Apa manfaat dan resiko mengkonsumsi kopi ? Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, antara lain :Menurunkan resiko alzheimer, menurunkan resiko penyakit batu empedu,menurunkan resiko penyakit parkinson, peningkatan kognitif, peningkatan efek analgesik, antidiabetik ( diabetes tipe 2- terutama untuk pengkonsumsi hingga 7 cangkir/ hari), anti kanker, kardioproteksi ( perlindungan jantung), laksan ( pencahar), diuretik ( memperlancar urinasi), antioksidan (pencegah kanker), menurunkan resiko gout, menurunkan resiko karies gigi.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan Universitas Sao Paulo Brazil, disimpulkan bahwa kafein mampu merangsang sel-sel sperma dalam tubuh pria, sehingga kesuburan seseorang dapat meningkat. Inti dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kulitas sperma para peminum kopi lebih sehat dibandingkan sperma orang yang tidak meminum kopi. Kesuburan sperma para peminum kopi disebabkan oleh unsur-unsur yang dikandung kafein. Setelah diteliti, kafein yang terdapat dalam kopi dinilai memiliki kemampuan meningkatkan kecepatan berenang sel sperma.
Dari penelitian yang dipimpin oleh Monami Inoue dari National Cancer Center Tokyo terhadap 90.000 orang Jepang, terbukti bahwa konsumsi kopi menurunkan resiko kanker hati sampai separuhnya.Sebuah hasil penelitian terhadap 6.000 pria dan wanita yang dilaporkan oleh Framingham Heart Study menunjukkan bahwa tidak terdapat kaitan konsisten antara minum kopi dengan kadar kolesterol yang meninggi.
Selain manfaat, resiko dari konsumsi kopi adalah : ketegangan, konstipasi, perubahan warna gigi, peningkatan LDL ( Low Density Lipoprotein) pada kopi tertentu, dan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dilansir www.caffeinweb.com menyebutkan beberapa ahli psikiatri, ahli penyakit alergi dan zat beracun–toksikologi, menengarai zat kafein sangat potensial menimbulkan gejala penyakit mental. 80% populasi masyarakat dunia mengkonsumsi kafein, dan 25% di antaranya didiagnosis mengalami gangguan mental. Bagi seorang psikiater, kafein dapat menjadi musuh nomor satu, karena identik dengan penyebab kegelisahan, stres, depresi, hingga schizophrenia.

Waspada...! Jambret Meresahkan Masyarakat

Sepandai pandai tupai melompat sesekali pasti akan jatuh. Adagium ini nampaknya berlaku bagi IRSAN pemuda 30 tahun yg dikenal cukup profesional sebagai penjambret yang kerap meresahkan warga kota Mataram.IRSAN cukup nekad dan berani melakukan aksinya di kampung Sapta Marga Gebang.

Korbannya seorang mahasiswi bernama Ayu Pratiwi yg baru pulang dari kampusnya menjadi sasaran empuk penjambret.Sebuah tas berisi laptop ,Hand phone dan surat surat penting lainnya berhasil dijambret IRSAN,namun kali ini ia lagi apes ,perbuatannya dipergoki sejumlah warga yg kemudian menghajarnya hingga babak belur.

Sidang peradilan kasus jembret ini berlangsung Rabu siang 19/9 di Pengadilan Negeri Mataram,dipimpin ketua majelis hakim Wahyu Sektianingsih SH MH. Korban Ayu Pratiwi berserta seorang warga yg memergoki perbuatannya dalam kesaksiannya menyatakan perbuatan terdaqwa sangat meresahkan masyarakat.

Perbuatan tak sedap yg cukup meresahkan masyarakat ini akan mengantarkan IRSAN bakal menghuni hotel prodeo cukup lama.Jika terbukti pelangaran terhadap pasal 404 KUHP sedikiutnya 5 tahun penjara. (disalin dari Web RRI Mataram)

Untuk menghindari bahaya, anda perlu ekstra waspada dan selalu berhati-hati! Hati-hati saat berada di terminal bus, stasiun kereta, ataupun tempat perhentian kendaraan umum lainnya. Bukan rahasia lagi, lokasi-lokasi itu rawan kejahatan jalanan seperti pencopetan, pemerasan (pemalakan) serta penipuan.

Untuk menghindari bahaya, anda perlu ekstra waspada dan selalu berhati-hati. Namun itu saja tak cukup. Polda Metro Jaya membagikan 10 tips anti kejahatan jalanan yang biasa terjadi di tempat pemberhentian kendaraan umum :
1. Tampil sederhana.
2. Miliki peta kota atau kawasan di mana terminal itu berada.
3. Kalau tidak punya peta, sekali lagi jangan bingung dan panik.
4. Jika tak tahu tujuan, bertanyalah kepada petugas resmi seperti polisi atau petugas Dinas Perhubungan. Tak salah juga jika anda bertanya pada penjaga warung makan atau kios.
5. Jika anda masih melanjutkan perjalanan ke kota lain dengan bus, belilah tiket pada loket penjualan tiket bus resmi.
6. Saat naik bus malam, biasakan berangkat dari terminal resmi bus tersebut. Jika terpaksa naik di terminal umum, datanglah lebih awal.
7. Bus yang kosong atau sesak sama bahayanya, dua kondisi itu ideal bagi pencopet. Mereka biasa bergerombol, tiga sampai lima orang.
8. Waspada saat naik atau turun dari bus yang sesak.
9. Agar terhindar dari pembiusan, jangan menerima minuman atau makanan yang ditawarkan orang yang baru anda kenal di kawasan terminal.
10. Dompet sebaiknya jangan ditaruh di saku. Simpan uang secukupnya saja di saku baju depan.

Hari ini Pemberangkatan Haji di Kota Mataram.

Pemberangkatan Jamaah Haji di Kota Mataram mulai hari ini (20/9). Sebanyak 325 jamaah berangkat dari rumahnya menuju Kantor Walikota Mataram dan dari Kota Matram ke Asrama Haji di Lingkar Selatan diperkirakan sudah tiba pukul 10.00 wita. Di Asrama jamaah diinapkan semalam untuk besok diberangkatkan menuju Bandara Internasional Lombok (BIL). Keloter pertama akan berangkat jam 14 siang dari BIL menuju Arab Saudi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB Drs Haji Usman kemarin mengatakan,”Jemaah calon haji yang akan berangkat pada tanggal 21 September 2012 sebanyak 325 orang berasal dari Kota Mataram”, ungkapnua menjelaskan. Dijelaskan pula jumlah jemaah calon haji se NTB yang positif berangkat menuju tanah suci Mekkah sebanyak 4.502 orang. Pemberangkatan jemaah calon haji tersebut akan diberangkatkan secara bertahap melalui dua gelombang yaitu mulai tanggal 21 September hingga 15 Oktober 2012,” ungkapnya.

Haji Usman juga menyebutkan, pemberangkatan haji dari Asrama Haji menuju BIL menggunakan moda transportsi Damri.
Ditambahkan Haji Usman, untuk pengamanan disekitar asrama haji, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Polda NTB, Satuan Polisi Pamong Praja dan pihak DLLAJ Dishubkominfo NTB. Dalam mengamakan area asrama haji, jajaran Kepolisian Resort Mataram akan menerjunkan sekitar 65 personil yang ditempatkan di beberapa tempat strategis. (Rocd)

Selasa, 18 September 2012

Bupati Lobar larang warganya antar jemput Jamaah Haji di BIL dan Asrama Haji

Girimenang - Rakom Bragi - Jamaah Haji Lombok Barat walau akan diberangkatkan mulai tanggal 3 oktober mendatang, tapi akan dilepas besok Kamis 20 september 2012 oleh Bupati Lombok Barat H. Zainy Aroni. Demikin dikemukakan Kepala Kementerian Agama Lombok Barat Drs. HM. Muslim, MAg. pada Rapim yang dipimpin langsung Bupati Lombok Barat (18/9). “hari kamis 20 september akan diacarakan pelepasan di bencingah” ungkapnya melaporkan kepada Bupati.
Dikatakan pula jumlah Jamaah Haji asal Lombok Barat sebanyak 263 orang pada keloter pertama pada tanggal 3 oktober dan sebanyak 95 orang pada keloter kedua tanggal 14 oktober. Dijelaskan pula Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lombok Barat sebanyak 78 orang yang dimohonkan untuk dilepas hari kamis besok, ungkapnya memohon kesempatan Bupati melepasanya.
Dijelaskan Muslim, keberangkatan Jemaah Haji Lombok Barat tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana menurut UU No. 13 Tahun 2008 tentang Transportasi Haji bahwa Pemda Kab/ko berkewajiban keberangkatan dari Pemda masing-masing ke Asrama Haji menjadi tanggungan Pemda Setempat. Demikian pula waktu pulangnya dari Asrama Haji ke Pemda masing-masing. Hal itu diperkirakan kalau dijemput di Asrama Haji tidak cukup untuk tempat parker dan fasilitas penjemput lainnya dan mengganggu kenyamanan Jamaah Haji.
Bupati Lombok Barat Zainy Aroni mempertegas bahwa Jemaah Haji dilarang diantar dan dijemput di Bandara maupun di Asrama Haji. “Jadi diantar dan dijemput di Bencingah Lombok Barat saja” ungkapnya tegas. Dikatakan, Pemda yang akan mengantar sampai di BIL waktu berangkat dan menjemput dari BIL ke Asrama Haji. Pemberangkatan Jamaah Haji dari Bencingah Lombok Barat ke Asrama haji menjadi tanggungan Pemda Lombok Barat, demikian pula waktu pulangnya dari Asrama Haji ke Bencingah Lombok Barat menjadi tanggungan Pemda Lombok Barat. Transportasi Haji dari Asrama Haji ke BIL dan sebaliknya dari BIL ke Asrama Haji menjadi tanggung jawab Pemda Provinsi NTB, katanya menjelaskan.
Sementara Kepala Dinas Keshatan Lombok Barat Drs. H. Drs. H. Rachman Sahnan Putra, M. Kes melaporkan kepada Bupati bahwa dari jumlah 358 Orang Jamaah Haji Lombok Barat semuanya berisko tinggi terhadap kesehatannya. Dilaporkan pula terdapat seorang Jamaah Haji tidak dapat diberikan vaksin meningitis karena dalam keadaan hami. Diperkirakan jamaah haji tersebut tidak dapat diberangkatkan karena akan ditolak kalau tidak memiliki sertifikat vaksin meningitis. (Rocd).

Senin, 17 September 2012

Puskesmas Pejarakan diresmikan Walikota Mataram

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pejarakan yang terletak di Lingkungan Moncok Karya Kelurahan Pejarakan Karya Kecamatan Ampenan Kota Mataram tadi pagi (17/9) diresmikan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Hj. Suryani Ahyar Abduh.
Puskesmas Pejarakan merupakan salah satu dari 11 Puskesmas yang ada di kota mataram. Puskesmas ini akan melawani di tiga kelurahan yaitu Pejarakan Karya, Kebon Sari dan Pejeruk. Bangunan Puskesmas berlantai 3 dilengkapi dengan fasilitas Unit Rawat Inap, Gawat Darurat dan Laboratorium yang refresentatif. Diharapkan dengan adanya puskesmas ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat kota mataram.
Ahyar Abduh dalam sambutannya mengatakan beroperasinya puskesmas ini wujud dari komitmen Pemerintah Kota Mataram memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu tanpa mendiskriminasikan kelompok atau etnis tertentu. “puskesmas ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan jangan dibeda bedakan, harapnya”.
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram Dr. H. Usman Hadi, SH mengatakan penduduk kota mataram sebanyak 406.900 jita belumlah cukup dilayani oleh 11 puskesmas termasuk puskesmas pejarakan ini. “kita asih membutuhkan 2 puskesmas lagi” ungkapnya jelas. Menurut Usman Hadi, idealnya sebuah puskesmas melayani sekitar 30.000 jiwa, baru dapat dikatan memberikan pelayanan yang bermutu. (Rocd)

BIL Siap Terbangkan Jamaah Haji dengan Garuda A.330

Kabar gembira bagi calon jemaah haji dari Lombok – NTB. Pada musin haji tahun ini tidak lagi menambah biaya untu ke embarkasi haji di Surabaya tapi langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Pemerintah telah menetapkan BIL sebagai Embarkasi Haji dan diresmikan oleh Menteri Agama RI Surya Darma Ali (6/6) lalu. Kini segala infrastruktrur sudah selesai dibangun dan telah diresmikan Gubernur NTB TBG Zainul Majdi.
BIL sudah siap dioperasikan sebagai embarkasi dengan pesawat Garuda A.330. " BIL sudah Siap terabangkan Jamaah Haji kita" ungkapnya Tegas.
Penerbangan pertama pada 21 september mendatang, kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) provinsi NTB Ridwan Syah pada peresmian beropersinya KMP Mutiara Asal I. Kapal milik PT Atosin Lampung Pelayaran (ALP) 14/9 lalu di pelabuhan Kayangan Lombok Timur.
Embarkasi BIL semakin mantap dan sempurna setelah tahun 2013 nanti akan diperpanjang landasan pacunya. Ditambah 3 km dari yang ada sekarang yaitu 2.750 meter sehingga menjadi 5.750 meter. Landasan pacu sepanjang itu mampu mendarat pesawat Boing 747.
Terbangunnya infrastruktur tersebut tidak hanya penerbarangan praya ke Makkah, tetapi memperluas dan menambah jalur penerbangan dari BIL menuju Malaysia dengan pesawat Air Asia. Kemudian menambah frekwensi penerbangan oleh pesawat yang telah ada seperti City Link, Lion Air, Batavia dan maskapai lainnya. (Rocd)

Minggu, 16 September 2012

Hacker Jangan Ditantang

Hacker sangat ditakuti oleh pengguna dunia maya. Hacker dapat merusak akses dunia maya baik web situs-situr internet lainnya. Hacker berperan dalam kelancaran operasional situs internet, karena jangan tantang hacker terhadap keamanan akses internet anda. Kata Prof. DR. Kalamullah Ramli staf ahli Menkominfo ketika menberikan pencerahan pada diskusi panel Pengukuhan Relawan TIK NTB (15/9) di hotel Lombok Raya Mataram.
“Diatas langit ada langit, jangan tantang hacker” ungkap ahli telematika tersebut. Dikatakan Ramli, banyak contoh yang telah terjadi di Negara kita. Pada Pemilu tahun 2008 lalu KPU menyatakan situs internetnya aman dari hacker. Tapi kenyataannya situs KPU tak dapat beropersi dengan baik bahkan gagal menjalankan fungsinya untuk mendapatkan jumlah pemilih secara cepat dan tepat.
Kalamulloh Ramli mengatasi hacker tidak dengan menantang mereka tapi merangkulnya. Pihaknya telah mengadakan lomba hacker untuk berperan memperlancar program pemerintah. Tentu dengan memberikan perhatian ungkapnya. Dengan memperhatikan hacker minimal tidak menjahili negaranya sendiri, tapi diharapkan berperan sebagai salah satu elemen bangsa. (Rocd)

50 Relawan TIK di kukuhkan

Mataram – Rakom Bragi - 50 orang dari berbagai latar belakang yakni akademisi , dosen, mahasiswa, pegawai swasta, blogger, komunitas penggiat media social dan pemerhati IT, sabtu (15/9/2012) berkumpul di Hotel Lombok Raya, dalam rangka mengikuti Pengukuhan Relawan TIK Provinsi Nusa Tenggara Barat. Relawan TIK adalah organisasi social kemasyarakatan yang mendasarkan gerakannya pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan atau ilmu pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi para anggoata serta warga masyarakat.
Dalam kesempatan itu, peserta mendapatkan kesempatan bertemu dan berdiskusi langsung dengan Prof. Kalamullah Ramli, dari Kementerian Kominfo. Dalam pemaparan singkatnya, Kalamullah Ramli menyampaikan bahwa informasi yang baik adalah informasi informasi yang mampu mensejahterakan dan mencerdaskan masyarakat ataupun penggunan informasi. Kalau hal itu tidak terjadi, maka kemungkinan ada yang salah. Sehingga menurutnya, cyber space atau ruang di dunia maya harus bisa memberikan kontribusi terhadap dunia maya, tentunya dengan tetap memperhatikan berbagai hal termasuk aspek keamanan informasi.
“Ruang lingkup keamanan informasi bisa sukses asalkan tiga komponen bisa diintegrasikan dengan baik, yakni pengguna (people) yang dianggap sebagai titik terlemah, proses sebagai bagian yang paling susah, serta teknologi itu sendiri”, tambahnya
Selain kehadiran Prof. Kalamullah Ramli, hadir pula Indriyatno Banyumurti yang juga Ketua Relawan TIK Pusat, yang turut serta menyampaikan banyak hal terkait Relawan TIK. Ia menyampaikan bahwa ke depan, target yang ingin dicapai adalah agar pada tahun 2015 nanti adalah 50% warga Indonesia punya akses internet, atau kalau dikalkulasikan sekitar 1,5 juta orang perbulan. Oleh karena itu menurutnya, keberadaan Relawan TIK sangat penting dalam proses itu. Relawan TIK nantinya diharapkan bisa menjadi jembatan (bridging) yang mampu menghubungkan berbagai pihak seperti masyarakat dengan penggiat TIK, penggiat TIK dengan pemerintah serta penggiat TIK dengen perusahaan atau donor. Selain sebagai bridging, Relawan TIK juga bisa melakukan branding organisasi dengan memanfaatkan jejaring social yang ada seperti facebook, twitter, website dan sebagainya.
“Dan siapapun bisa menjadi Relawan TIK, tanpa terkecuali”, ungkapnya
Salah satu hal yang menarik adalah peserta bisa mendapat ilmu digital dan virtual marketing dari Nukman Lutfi yang juga berkesempatan hadir. Nukman menyampaikan banyak hal menyangkut bagaimana memanfaatkan berbagai social media yang ada di dunia maya.
Acara Pengukuhan Relawan IT NTB ini dilaksanaan bersamaan dengan kegiatan Menkominfo lainnya yakni Temu Kreatif Kadishubkominfo dan Komunitas Kampung Media se NTB, serta Kampung Media Award.
Kampung Media Award sendiri dilaksanakan malam harinya, dan dalam acara ini, Relawan TIK Nusa Tenggara Barat dikukuhkan secara resmi ditandai dengan penyematan PIN Relawat TIK oleh Prof. Kalamullah Ramli, Indriyatno Banyumurti, serta Wakil Gubernur NTB, Badrun Munir. (Disalin Rocd dari rumahalir.or.id/2012/09/17/relawan-tik-ntb-dikukuhkan/)