BKL MEDIA. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 19 September 2012

Waspada...! Jambret Meresahkan Masyarakat

Sepandai pandai tupai melompat sesekali pasti akan jatuh. Adagium ini nampaknya berlaku bagi IRSAN pemuda 30 tahun yg dikenal cukup profesional sebagai penjambret yang kerap meresahkan warga kota Mataram.IRSAN cukup nekad dan berani melakukan aksinya di kampung Sapta Marga Gebang.

Korbannya seorang mahasiswi bernama Ayu Pratiwi yg baru pulang dari kampusnya menjadi sasaran empuk penjambret.Sebuah tas berisi laptop ,Hand phone dan surat surat penting lainnya berhasil dijambret IRSAN,namun kali ini ia lagi apes ,perbuatannya dipergoki sejumlah warga yg kemudian menghajarnya hingga babak belur.

Sidang peradilan kasus jembret ini berlangsung Rabu siang 19/9 di Pengadilan Negeri Mataram,dipimpin ketua majelis hakim Wahyu Sektianingsih SH MH. Korban Ayu Pratiwi berserta seorang warga yg memergoki perbuatannya dalam kesaksiannya menyatakan perbuatan terdaqwa sangat meresahkan masyarakat.

Perbuatan tak sedap yg cukup meresahkan masyarakat ini akan mengantarkan IRSAN bakal menghuni hotel prodeo cukup lama.Jika terbukti pelangaran terhadap pasal 404 KUHP sedikiutnya 5 tahun penjara. (disalin dari Web RRI Mataram)

Untuk menghindari bahaya, anda perlu ekstra waspada dan selalu berhati-hati! Hati-hati saat berada di terminal bus, stasiun kereta, ataupun tempat perhentian kendaraan umum lainnya. Bukan rahasia lagi, lokasi-lokasi itu rawan kejahatan jalanan seperti pencopetan, pemerasan (pemalakan) serta penipuan.

Untuk menghindari bahaya, anda perlu ekstra waspada dan selalu berhati-hati. Namun itu saja tak cukup. Polda Metro Jaya membagikan 10 tips anti kejahatan jalanan yang biasa terjadi di tempat pemberhentian kendaraan umum :
1. Tampil sederhana.
2. Miliki peta kota atau kawasan di mana terminal itu berada.
3. Kalau tidak punya peta, sekali lagi jangan bingung dan panik.
4. Jika tak tahu tujuan, bertanyalah kepada petugas resmi seperti polisi atau petugas Dinas Perhubungan. Tak salah juga jika anda bertanya pada penjaga warung makan atau kios.
5. Jika anda masih melanjutkan perjalanan ke kota lain dengan bus, belilah tiket pada loket penjualan tiket bus resmi.
6. Saat naik bus malam, biasakan berangkat dari terminal resmi bus tersebut. Jika terpaksa naik di terminal umum, datanglah lebih awal.
7. Bus yang kosong atau sesak sama bahayanya, dua kondisi itu ideal bagi pencopet. Mereka biasa bergerombol, tiga sampai lima orang.
8. Waspada saat naik atau turun dari bus yang sesak.
9. Agar terhindar dari pembiusan, jangan menerima minuman atau makanan yang ditawarkan orang yang baru anda kenal di kawasan terminal.
10. Dompet sebaiknya jangan ditaruh di saku. Simpan uang secukupnya saja di saku baju depan.

0 komentar:

Posting Komentar